Kerajinan dari Perpaduan Bahan Berbeda Jenis

Oleh:   Muns Muns   |   6:20 AM
Kerajinan dari Perpaduan Bahan Berbeda Jenis - Jika kamu makan jagung rebus, kulitnya diletakkan di mana? Jika makan buah sirsak, sawo, dan salak, bijinya diletakkan di mana? Begitu pula jika kamu makan es krim, stiknya diletakkan di mana? Demi kebersihan lingkungan tentu kita membuangnya ke tempat sampah. Tindakan kamu membuang kulit, biji, atau bekas makanan ke tempat sampah merupakan tindakan yang terpuji.

Akan tetapi untuk mengurangi jumlah sampah yang semakin banyak setiap harinya ada berbagai upaya yang dapat dilakukan. Salah satu upaya untuk mengurangi sampah yaitu dengan memanfaatkan sampah tersebut menjadi barang kerajinan.

Kerajinan dari Perpaduan Bahan Berbeda Jenis


1. Pengertian Kerajinan

Pernahkah kamu mendengar istilah kerajinan? Kerajinan yang dimaksud di sini adalah yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang menghasilkan barang melalui keterampilan tangan. Selanjutnya kita menyebutnya dengan istilah kerajinan tangan. Tahukah kamu apa yang dimaksud kerajinan tangan?

Mungkin di antara kalian ada yang membentuk kertas tersebut menjadi kipas, pesawat zet, tempat sirih, lipatan surat, atau yang lainnya. Semua karyamu itu merupakan salah satu contoh karya kerajinan tangan.

Kerajinan tangan adalah hasil karya manusia di mana proses pembuatannya melalui keterampilan tangan langsung. Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan sangat bermacam-macam, baik yang berasal dari alam maupun buatan. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan secara bervariasi
sehingga menghasilkan karya kerajinan yang bermanfaat. Dengan demikian, kerajinan dari perpaduan bahan yang berbeda jenis maksudnya adalah hasil karya manusia dengan memadukan bahan secara bervariasi dan proses pembuatannya melalui keterampilan tangan langsung.

Hasil karya kerajinan tangan dapat berupa hiasan dan barang pakai. Hiasan hasil kerajinan tangan menitikberatkan pada nilai estetis atau keindahan sehingga fungsinya pun sebagai penghias atau pelengkap untuk memperindah atau mempercantik sesuatu. Salah satu contoh, sebuah ruangan akan dilengkapi dengan benda-benda hias agar ruangan tersebut tampak lebih indah. Demikian halnya pada rambut atau kerudung seorang perempuan agar tampak lebih cantik, indah, dan memesona maka dilengkapi dengan berbagai bentuk hiasan. Sedangkan barang pakai hasil kerajinan tangan menitik beratkan pada fungsi atau kegunaannya. Nilai keindahan pada barang pakai digunakan untuk meningkatkan daya tarik.


2. Bahan untuk Membuat Kerajinan

Pada pertemuan sebelumnya telah dikenalkan contoh-contoh hasil karya kerajinan tangan baik yang berupa hiasan maupun barang pakai. Benda-benda tersebut terbuat dari bermacam-macam bahan. Pada dasarnya bahan kerajinan tangan berasal dari dua macam, yakni: bahan alam dan bahan buatan.

a. Bahan alam

Kerajinan tangan dari bahan alam artinya bahan yang digunakan untuk membuat suatu karya kerajinan tangan berasal dari alam yang meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan. Berikut ini bahan kerajinan tangan yang berasal dari alam.


1) Kerajinan tangan dari bahan tanah liat

Bahan utama yang digunakannya adalah tanah liat, misalnya: keramik, gerabah atau tembikar berupa anglo (tungku tanah), guci, nanangan, poci atau teko tanah, dan tempayan.

2) Kerajinan tangan dari bahan serat alam


Kerajinan tangan dari serat alam merupakan kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan bahan dari serat alam (tanaman). Bahan yang dipergunakan untuk kerajinan tangan ini biasanya menggunakan daun, pelepah, atau batang dari tanaman.

Bahan serat alam yang biasa digunakan untuk membuat karya kerajinan tangan, antara lain: eceng gondok, daun pandan, daun kelapa, sabut kelapa, pelepah pisang, jerami padi, dan daun jagung.

3) Kerajinan tangan dari kayu


Kerajinan tangan dari kayu merupakan kerajinan yang memanfaatkan kayu sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Kerajinan kayu atau sering disebut woodcraft bagi masyarakat Indonesia merupakan produk yang sudah lama ditekuni dan menjadi salah satu kekayaan seni kriya yang dikenal hingga ke mancanegara. Beberapa contoh kayu yang bagus digunakan untuk membuat karya kerajinan adalah: kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus, kayu nangka, kayu sawo, dan kayu kelapa.

Pada praktik pembuatan kerajinan tangan di sekolah sekarang ini, salah satu bahan dasar kayu adalah stik es krim. Kerajinan tangan dari bahan stik es krim adalah sebuah karya untuk menghasilkan produk dengan menggunakan stik es krim sebagai bahan bakunya. Banyak sekali orang yang menyukai es krim karena rasanya yang lezat dan sensasi dinginnya. Pada beberapa jenis es krim dikemas menggunakan stik kayu, dan setelah es krimnya habis dimakan maka stiknya biasa dibuang ke tempat sampah. Daripada dibuang, lebih baik dikumpulkan dan dimanfaatkan menjadi barang yang berguna. Saat ini stik es krim kayu banyak juga yang dijual secara curah sehingga untuk kepentingan sebuah karya dapat membelinya di toko-toko perlengkapan makanan atau kerajinan.


Inilah Video Proses Ukiran Kayu Sederhana Tradisional

4) Kerajinan tangan dari bambu


Bambu dapat dijadikan berbagai produk kerajinan yang bernilai estetis dan ekonomi tinggi. Sejak ratusan tahun lalu, orang Indonesia telah menggunakan bambu untuk berbagai kebutuhan, mulai dari yang paling sederhana seperti tempat jemuran, dinding, lantai bambu (palupuh), perabot dapur, hingga yang paling rumit berupa souvenir. Sampai saat ini, bambu masih digunakan untuk keperluan tersebut. Bahkan saat ini, produk kerajinan bambu tampil dengan desain lebih menarik dan artistik hingga banyak digunakan di hotel-hotel berbintang, cottages, spa, butik, bank, toko serta interior bangunan modern.


5) Kerajinan tangan dari bahan kulit


Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, buaya, dan hewan lainnya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan. Salahsatu contoh karya kerajinan yang berbahan dasar kulit hewan adalah: wayang kulit, kipas, tas, sepatu, sandal, ikat pinggang, hiasan dinding, dan hiasan atau asesoris tari.


6) Kerajinan tangan dari bahan logam


Bahan logam banyak dibuat sebagai perhiasan atau aksesori kemudian berkembang pula sebagai benda hias dan fungsional lainnya, seperti: gelas, teko, nampan, wadah serbaguna bahkan sampai piala sebagai simbol kejuaraan. Adapun bahan logam yang dimaksud, seperti: emas, perak, perunggu, aluminium, besi, dan kuningan, seng, dll. Saat ini banyak kemasan makanan, minuman, dan obat-obatan yang terbuat dari bahan dasar logam, misalnya alumunium dan seng. Kemasan-kemasan tersebut berupa kaleng atau botol dengan beragam bentuk dan ukuran. Kaleng dan botol bekas tersebut dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang karya kerajinan yang bermanfaat.


7) Kerajinan tangan dari bahan batu


Bumi Indonesia memiliki beragam bebatuan yang beraneka warna. Daerah Martapura, Kalimantan Selatan merupakan penghasil batu warna yang dinilai sangat unik, Tulungagung menghasilkan batu marmer, Pacitan menghasilkan batu mulia beraneka ragam bentuk dan warna. Bebatuan yang berwarna-warni tersebut dijadikan sebagai bahan produk kerajinan seperti: aksesori pelengkap busana, juga sebagai penghias benda, penghias interior dan eksterior.

8) Kerajinan tangan dari bahan biji-bijian


Biji-bijian merupakan bagian dari tumbuhan. Melalui karya inovasi, kreativitas, dan keuletan berbagai biji-bijian dari tumbuhan dapat dibentuk menjadi berbagai karya kerajinan tangan yang menarik, misalnya mozaik untuk hiasan dinding, roncean untuk hiasan gantung, dan roncean untuk gelang-gelang.

9) Kerajinan tangan dari bahan bulu


Berbagai bulu hewan unggas, seperti burung, ayam, angsa, dan bebek dapat dijadikan karya kerajinan yang sangat cantik dan unik seperti kemoceng, kipas, asesoris, hiasan dinding, dll.

10) Kerajinan tangan dari bahan rambut


Sejak dulu hampir semua masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan rambut palsu (wig) untuk sambungan pembuat sanggul atau sanggul jadi (sobrah/tekes). Bahan utama dari sanggul jadi atau sambungan pembuat sanggul tersebut adalah potongan rambut manusia.

Seiring dengan kemajuan kebutuhan fashion para wanita, bulu mata palsu menjadi kebutuhan pelengkap kecantikan. Bahan utama bulu mata palsu yang berkualitas bagus adalah dari potongan rambut manusia. Konon, bulu mata palsu buatan Indonesia terkenal sampai ke mancanegara.

b. Bahan Buatan

Produk kerajinan dari bahan buatan merupakan segala bentuk kerajinan dengan bahan yang dibuat dari unsur-unsur bukan alam (sintetis) dan unsur-unsur kimia yang dipadukan menjadi bahan baru, kalau pun mengandung unsur-unsur alam komposisinya sangat sedikit.

Berikut ini beberapa contoh bahan buatan yang dapat dibuat kerajinan tangan.

1) Kerajinan tangan dari bahan sabun

Kerajinan tangan dari bahan sabun sangat unik. Bahan yang diperlukan adalah sabun batangan. Teknik pembuatan karya kerajinan tangan dari bahan sabun dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan cara mengukir dan membentuk. Karya kerajinan dari sabun dengan cara mengukir, kita langsung mengukir pada sabun batangan tersebut dengan menggunakan pisau, sendok, lidi, jarum, dll. sehingga menghasilkan karya seperti: model binatang, buah, dan flora ukiran. Adapun dengan teknik membentuk, sabun diparut hingga menjadi bubuk, diadonan, baru dibentuk sesuai dengan keinginan.

2) Kerajinan tangan dari bahan lilin

Pembuatan kerajinan tangan dari bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah dikerjakan. Semua orang dapat melakukannya. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi benda kerajinan yang unik, tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan di atas api/kompor kemudian mencetaknya.

3) Kerajinan tangan dari bahan kertas

Berbagai jenis kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan tangan. Kertas lipat yang berwarna-warni sudah sangat dikenal dan digunakan oleh banyak orang untuk berkarya kerajinan melalui karya seni lipat kertas atau origami. Sisa-sisa kertas yang ada di lingkungan sekitar kita, dapat dibuat bubur kertas untuk bahan membuat kerajinan. Kertas-kertas bekas majalah atau surat khabar pun dapat langsung digunakan sebagai bahan utama karya kerajinan tangan yang menarik.

4) Kerajinan tangan dari bahan kain

Salah satu jenis kain yang paling mudah digunakan untuk membuat karya kerajinan tangan adalah kain flanel. Kain ini berteksur mirip kain wol, memiliki warna yang bervariasi, mudah dibentuk, dan harganya yang terjangkau. Selain kain flanel. Kain sisa dari bahan pakaian biasa atau kaos pun berupa kain percak sangat mudah diperoleh. Kain percak dapat dijadikan bahan utama karya kerajinan tangan.


5) Kerajinan tangan dari bahan plastik

Dewasa ini banyak sekali barang-barang yang terbuat dari plastik termasuk kemasan makanan, minuman, dan obata-obatan. Bekas kemasan makanan, minuman, dan obat-obatan dari bahan plastik dalam bentuk dan ukuran yang beragam dapat dijadikan bahan dasar pembuatan karya kerajinan tangan yang menarik. Botol plastik bekas makanan, sedotan plastik, minuman, obat-obatan, pita plastik, dan lainnya daripada dibuang yang mengakibatkan semakin bertambahnya sampah, lebih baik dimanfaatkan menjadi barang-barang bernilai guna dan bernilai jual.

Bacaan di atas telah membantu membuka wawasan pengetahuan kita tentang aneka ragam bahan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan.

Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan bahan-bahan tersebut baik yang bersifat alami maupun buatan dalam bentuk limbah, bekas, atau sampah. Beberapa contoh misalnya: kulit jagung, kulit bawang, serbuk gergaji, botol bekas, kaleng bekas, stik es krim, lidi, majalah bekas, koran bekas, biji-bijian, dus, dan bagian dari tumbuhan yang kering.

Semua bahan-bahan tersebut dapat diolah secara kreatif dan inovatif menjadi barang-barang yang bermanfaat. Namun demikian, tentu saja sangat banyak beraneka bahan lain untuk membuat kerajinan tangan, seperti: benang wol, benang sulam, benang rajut, kain flanel, aneka kertas, aneka plastik, kayu, dan bambu. Bahan-bahan tersebut dapat dibeli di toko khusus.

3. Alat untuk Membuat Kerajinan

Bahan-bahan yang telah kamu amati, akan dibentuk menjadi suatu karya kerajinan dengan menggunakan bermacam-macam alat. Alat-alat yang umum digunakan untuk membuat kerajinan tangan meliputi:

a. Alat pemotong, meliputi gunting dengan berbagai model dan ukuran, cutter/pisau dengan berbagai ukuran, dan gergaji.
b. Alat perekat, meliputi glue gun (lem tembak), aneka lem.
c. Alat pengukur yakni penggaris braille.
d. Alat jahit yakni jarum jahit dengan berbagai ukuran.
e. Alat pembolong/holder.

4. Teknik Dasar Membuat Kerajinan

Jika akan membuat kerajinan tangan, ada beberapa teknik dasar yang harus diketahui dan dikuasai secara baik. Secara umum teknik-teknik tersebut meliputi: menganyam, menenun, menjahit, meronce, membordir, membentuk, menempa, memahat, mengukir, mencetak, membutsir, makrame, dll.

Pembuatan karya kerajinan tangan yang akan kamu lakukan, setidaknya kamu mengetahui dan menguasai beberapa teknik dasar, antara lain: mengukur, menggunting, memotong, melubangi, merobek kertas, meremas kertas, menggulung kertas, dan merekat dengan atau tanpa glue gun.

Teknik-teknik yang sulit kamu lakukan, kamu bisa meminta bimbingan pada bapak/ibu gurumu di sekolah atau keluargamu di rumah. Kamu bisa melakukan latihan semampumu. Tetapi jika kamu masih kesulitan setidaknya kamu bisa menyampaikan kepada bapak/ibu guru atau keluargamu tentang apa yang dapat kamu lakukan dalam membuat karya kerajinan tangan ini.


Sumber: bse.kemdikbud.go.id

Tampilkan Komentar
Powered by Blogger.

Halaman

SPACE IKLAN

Space iklan DISINI
Silahkan hubungi PASANG IKLAN Atau email ke lombahebat@gmail.com Atau wa ke 085759333756

Kontributor

Archive

Label

/rif 3 Composer 3 Doors Down 5 Romeo A A Great Big World feat Christina Aguilera Abdul and The Coffee Theory Abiem Ngesti AC/DC Achikochi Achmad Albar Ada Band Adam Levine Adele Adera Adipati Adira Adista Adly Fairuz Ady Afgan Agnes Monica Agnez Mo Agus Hafi Agus Hafiluddin Agus Hafiludin Ahmad Albar Ahmad Bersaudara Ahmad Dhani Air Supply Akim Al Ghazali ALADIN Alan Walker Alda Alex Rudiart Alexa ALIANDO SYARIEF Alicia KeyS Alika Alphaville Aluna Alyah AMPM Amy Winehouse Andien Andini Andra & The Back Bone Andra and The Backbone Andrew Garcia Angela July Anie Carera Anisa Anji Anji Drive Anorganik Ari Lasso Ariana Grande Ariel NOAH Ariel Tatum Arijit Singh Arkarna Armada Armand Maulana ARWANA Arya Mohen Ashilla Asraf Astrid Atiek CB Aty Avenged Sevenfold Aviwkila Awi Rafael feat Ayai Ayaka Ayda Jebat Ayu Ting Ting Ayu Yuliana Aziz Harun B Badai Romantic Project BAG Bagindas Bali Barat Barong Barry Item Barry Likumahua Batu Nisan Bayou bcl BEBI ROMEO Bee Gees Belajar Gitar Belajar Keyboard Piano Beri Romeo feat Sandhy Sondoro Bian Gindas Big Sean Bimbo Bondan Prakoso Brian McKnight Britney Spears Britney Spears feat Tinashe Brodin Broery Broery Marantika Brother Of Chips Bruno Mars Bryan Adams Bunga Citra Lestari C Caca Handika Cakra khan Calvin Harris Calvin Harris & Disciples Calvin Harris feat Rihanna Calvin Jeremy Campursari Cassandra Catherine Wilson chakra khan Charlie Puth feat Selena Gomez Chelsea CherryBelle Cherrybelle Feat Adila Cholesterol Chord Gitar Chris Brown Christi Colondam Christina Perri Ciara Cindy Bernadette Cita Citaka Cita Citata CITRA SCHOLASTIKA Clara Clarice Cutie CLARISA DEWI Clean Bandit Coboy Junior Cokelat Coldplay Cut Meyriska cynthia ivana D D’Bagindas D'Masiv D'Messyu D'Morgen Band D'pas4 D'paspor D'Wapinz Band Dadali Danang Danar Dangdut Dangdut Akademi Dangdut Akademi Asia Dangdut Koplo Daniel Sahuleka Darso David Cook David Guetta David Guetta feat Zara Larsson Davit Dayu AG DDHEAR Demeises Demi Lovato Demy Dera Derby Romero Desy Natalia Desy Ratnasari Devi Aldiva Devy Berlian Dewa 19 Dewi Persik Dhyo Haw Dialog Dini Hari Dian Marshanda Didi Kempot Disciples Dizzee Rascal Djaka dmasiv DOA (Dodhy Andrigo) Doel Sumbang Donita Drama Band Drive DUDI ORIS Duo Maia Duo Serigala Duta Cinta Dygta E Ebit G Ade Edane Edcoustic Eden EFEK RUMAH KACA ELEKTRON 45 Element ELIZABETH TAN Ella Fitzgerald Ello Elvis Presley Emeli Sande Emilia Endah and Rhesa ENDAH N RHESA Endank Soekamti Enemy Down Eni Sagita Erie Susan Evie Tamala Exist Eyelis F Fade 2 Black Fadly Fajar Merah fatin Fatin Shidqia Fatin Shidqia Lubis Fatur & Nadila Fazura Felicya Angellista Fida Syakur Firman Fitri Carlina Five Minute Five Minutes Flanela Flanella Francissca Peter Fredy Full Album G Gaby GAC Gamaliel Audrey Cantika Gamara Band Gamma1 Geisha Geisha & Iwan Fals Gery Gesang GiGi Gil Ofarium Giselle Gita Gutawa Glenn Fredly Glenn Fredly Feat Monita & Is Payung Teduh Gloria Jessica GNR God Bless Godbless GoGoJiLL Goliath Gombloh Goodbye Felicia Feat Stephanie Gotye Govinda Green Day Gunawan Gustavo Santaolalla H Habib Syech Hafiz Haikal Ali Haris Isa Harris J Hayami Saori Hazama Hazman Heidi Yunus Hesty Hiburan Hijau Daun HIVI Humood Alkhudher HUSEIN Hyper Act I Ian Ical Ide Ihsan Tarore & Denada Ikke Nurjanah Iklan Tri Iklim iko ILIR 7 Imam Darto Imam S Arifin Imey mey IMeyMey Immanuel Caesar Hito Indah dewi pertiwi INDAH NEVERTARI India Indie Indika Oktafiani Indonesia Indra lesmana Informasi Intan Sari Iyem Inul Daratista Ipang Irma June Irwan Is Payung Teduh Isa Raja Isyana Sarasvati Itje Trisnawati Iwan Fals Iwan Fals & NOAH Iyeth Bustami J J Rocks J-Rocks Jack Andhika Jae Deen Jager Jamal Abdillah Jamphe Johnson Jamrud japan Japanese Jason Mraz Java Jive JAZ Jazz JEBE & PETTY Jennifer Hudson Jessie J JFLOW Jhonny Iskandar Jikustik JKT48 Jo Klithik John Legend John Martin John Mayer Jonas Blue Joshua Ledet JOSHUA MARCH Judika Judy Garland Julia Perez Julie Andrews Jupe Justice Crew Justin Bieber Juwita Bahar K K2 Reggae Kahitna Kamasean Kangen Band Karel Karna Mereka Kehlani Keos Plus Kerajinan Kerispatih Kevin Lim Kikan X Kotak Killing Me Inside Killing Me Inside Kinetik Kirana KK Band Klthsom Konomi Suzuki Kotak Kotak feat Anggun Krisdayanti Kristina Kuburan Kunto Aji Kvitland Kygo feat Julia Michaels L L'arc en ciel La Luna Labrinth Lady Roos Lagu Anak Lagu Anak-Anak Lagu Bahasa Arab Lagu Bahasa India Lagu Daerah Lagu Jepang Lagu Malaysia Lagu Nasional Lagu Ramadhan Laki. L Lala Kamela Lala Karmela Last Child Lata Mangeshkar Lea Simanjuntak Led Zeppelin Lena Park Leo Waldy Lesti Letto LIGHTS ON Lil O Lil Wayne Lilin Herlina Lilis Karlina Louisa Johnson Lukas Graham Luvia Lyla Lynda Moy Lynda Moymoy M M Nasir M.F.P Madonna Maha Dewa Mahadewa Mahesa Malaysia Maliq & D'essentials Maliq and D'Essentials Manca Mansyur S Mantan Band Marcello Tahitoe MARGARETH Maria Calista Maria Stella vs Rifany Maria Mario G Klau Marjinal Maroon 5 Martin Garrix & Bebe Rexha Marvin Gaye Matoma Maudy Ayunda Maya Mega Mustika Meggy Z Meghan Trainor Melanie Subono Melly Goeslaw Melly Goeslaw & Marthino Lio Melly Guslow Melodic Punk Michael Bubble Michael Buble Michael Jackson MIKE MOHEDE Miley Cyrus Milka Millane Fernandez MLTR Monita Monita Tahalea Mr SENOPATI Mujiono Mulan Jameela Muse musik reggae Musikimia Mytha Mytha Lestari N Nabilah JKT48 Nadila Naff Naif Nasida Ria Nassar Nasyid Natasha Rizky Navicula NDX A.K.A NDX AKA Netral Netral feat Tegar New Gruvi New Pallapa Nicky Astria Nicky Tirta & Rini Mentari Nidji Night To Remember Nike Ardila Nike Ardilla Nirwana Band Nita Talia NOAH Noah Cyrus feat Labrinth Nobitasan Nosstress Nostalgia Noura Novi Ayla Novita Dewi NOWELA NTRL NU Dimension Nugie Numata O OLSKI Om Sonata OM Wawes Once Once Mekel One Direction Opick Organik ost film kartun Osvaldo Nugroho P Padi Paolo Nutini Papinka Pasha Payung Teduh Pee Wee Gaskins Pendhoza Pesisir Barat Peterpan Phillip Phillips Pia Mia pink Pinkan Mambo PJR Microphone Pongki Potret Power Metal Powerslaves Prakarya Project Pop Punk R Rachel Platten RADHINI Radhit Indra & Sanji Indra Rafael Tan Raffi Rahmat Raisa Raline Shah Rama RAN RAN feat Kahitna RAS MUHAMAD Ratih Purwasih Ray Parker Jr Rayi Putra Regina Andriane Saputri Religi Remix Rendy Pandugo Republik Repvblik Rere Rhoma Irama Ridho Rhoma Rif Rifany Maria Rihanna Rihanna feat Drake Rihanna feat Justin Timberlake Rihanna feat Mikky Ekko Rina Nose Rina Nose feat Fakhrul Razi Rinandha Rini Rini Wulandari Rio Febrian RISKA APRILIA Risky Dilaga Rita Sugiarto Rizki Ridho Rizky Febian Robyn Rock City Rocket Rockers Romeo Roro Fitria Rossa Rudi Caffeine Rumor ruri wantogia RVN S Saif Adam Saint Loco Saleem Saleena Salju Salsha Sam Smith Sammy Simorangkir Samsons Sandhy Sandoro Sandhy Sondoro Sandy Sandoro Sarah McLachlan Sarah Saputri Sarwendah Saybia Second Civil Sejedewe Selena Gomez Seni Setia Band Seventeen Shae Shanty Pengek Shasa Shayarani Sheila On 7 SHENA MALSIANA Sherly Sheinafia SHERYL SHEINAFIA Sheryl Sheinafia Feat Ariel NOAH Sheryl Shenafia Shiha Zikir Shila Hamzah Shujat Ali Khan Sia SID SIDEPONY Sigit Wardana Sindy Havresthino Singapore Siti Badriah Siti Nurhaliza Sivia Blink Skid Row Slank Slow Rock Slow Rock and Classic Smash Snow Patrol Sodiq Soimah Sophia Latjuba Soulvibe Soulvibe feat Iwa K Soundtrack Soundtrack OST. Film Soundwave ST12 Stand By Me Stand Here Alone Starplan Stinky Sufi Rashid Suicide Squad Sountrack Sule Suliana Sundayfree Superman Is Dead Survivor Susan Boyle Syaharani Syahrini Syanel T Tangga Tasya Tasya Tania Tata Janeeta Taylor Swift feat The Civil Wars tegar Tembang Kenangan Tere Terry The Beatles The Chainsmokers The Changcuter The Changcuters The Conjuring 2 The Finest Tree The Groove The Housemartins The Lumineers The Majistret The Mercy's The Overtunes The Potters The Pretenders The Rain The Rock The Script The Virgin The Voice Indonesia 2016 Thomas Arya Tiffany Kenanga Tika Ramlan Tinie Tempah Tipe X Titi DJ Tohpati Tommy J Pisa Tommy Tammy Tompi Tony Q TOP LAGU POPULAR Tori Kelly Transformer Band Trey Songz TRIO LESTARI Trio Macan Trio Ubur Ubur Tulus Tutorial Twenty One Pilots U U.K's Ubur-Ubur Uci Sucita Udit Narayan & Alka Yagnik Udit Narayan & Anuradha Paudwal Udit Narayan & Lata Mangeshkar Uje Ukays Ungu Unori Utha Likumahuwa Utopia Uut Permatasari V VADI AKBAR Vagetoz Vanessa Axelia Via Vallen Vidi Aldiano Vierratale VIERRATALE FAITH Villa Band Virgoun Virgoun Last Child Virzha W Wali Wandra Warkop DKI White Shoes & The Couples Company Why Phoebe WINA Wiz Khalifa & Imagine Dragons Wizzy Wizzy Feat Sandhy Sondoro X Factor Indonesia 2015 XXX Y Yassovi Yayan Jatnika Yessy Bintang Yoda Yopie Latul Yovie & Nuno Yovie and Nuno Yovie Nuno Yovie Widianto Yuka Kharisma Yuka Tamada Yuki Kato Yuli Astuti Yulia Rahman Yuna feat Usher Yunita Ababiel YURA Yura Yunita Z Zahra Damariva Zara Larsson Zara Larsson feat Mnek Zaskia Zayn Malik Zecurity Zeus Ziana Zain Zigaz Zivilia

Translate

Entri Populer

Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI